ISTILAH-ISTILAH
UMUM DI EMKL
Ø
Shipper adalah
nama lain dari exporter atau pengirim barang. Istilah shipper ini akan selalu
di pakai sebagai pengganti kata exporter / pengirim barang./ penjual.
Ø
Consignee adalah
nama lain dari importer atau penerima barang. Istilah ini akan selalu dipakai
sebagai pengganti kata importer / penerima barang / pembeli.
Ø
Notify
Party adalah pihak ketiga selain Consignee yang mengetahui adanya sebuah
pengiriman barang.
Ø
Vessel adalah
Kapal
Ø
Voyage
/ Voy. Adalah nomor pengapalan
Ø
Shipping
Marks & Numbers adalah keterangan yang tertera atau tertulis dalam kemasan
barang
Ø
Descriptions
of Goods adalah deskripsi barang
Ø
Gross
Weight / G.W. adalah berat kotor barang
Ø
Net
Weight / N.W. adalah berat bersih barang tanpa kemasan
Ø
Shipping
Schedule adalah Schedule Keberangkatan Kapal / Pesawat
Ø
Warehouse
adalah Gudang tempat penumpukan barang yang dikirim dengan tidak menggunakan
container
Ø UTPK adalah
Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas
Ø DEPO adalah
tempat penumpukan container kosong
Ø Delivery
Order / DO adalah Surat yang diterbitkan pihak shipping atau
forwarder kepada shipper sebagai tanda bukti pengambilan container kosong dan
atau tanda bukti pengiriman barang dari gudang shipper ke UTPK atau Warehouse.
Ø
Stuffing
/ Loading adalah proses pemuatan barang export kedalam container atau
truck angkutan (berlaku untuk kegiatan export).
Ø
UnStuffing
/ Unloading adalah proses pembongkaran dari dalam container atau truck
angkutan (berlaku untuk kegiatan import)
Ø Feeder
Vessel adalah Kapal pengangkut dari pelabuhan muat ke pelabuhan transit.
Jenis kapal ini kecil hanya muat untuk mengangkut 3000an kontainer
Ø Mother
Vessel adalah Kapal pengangkut / kapal besar yang mengangkut muatan dari
pelabuhan transit ke pelabuhan tujuan diseluruh penjuru dunia
Ø Open
Stack ( O/S ) adalah waktu dibukanya container / barang boleh di tempatkan
di UTPK atau warehouse
Ø Closing
Time ( C/T ) adalah waktu ditutupnya pemasukan / penumpukan barang di UTPK
atau warehouse.
Ø ETD
adalah Estimated Time of Departure yaitu Waktu Perkiraan Keberangkatan
Kapal / Pesawat dari pelabuhan muat
Ø ETA
adalah Estimated Time of Arrival yaitu Waktu Perkiraan Kedatangan Kapal /
Pesawat
Ø LCL adalah
Less than Container Loaded yaitu system pengiriman barang tanpa menggunakan
container atau dengan kata lain pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah
standar kapasitas muat container.
Ø
FCL
adalah Full Container Loaded yaitu Pengiriman Barang dengan Menggunakan
Kontainer.
Ø Part
Of Shipment adalah Pengiriman Barang menggunakan 1 kontainer dimana
didalam container tersebut terdiri dari berapa nama shipper namun dengan tujuan
satu Consignee.
Ø Dry
Container adalah container kering / standar yang digunakan untuk mengirim
barang2 biasa yang tidak berbahaya dan bukan merupakan barang gas atau cair.
COntohnya mebel, handicraft, garment, …etc
Ø Reefer
Container adalah container yang memiliki pengatur suhu. Biasa digunakan
untuk pengiriman produk makanan seperti Ikan hidup, Udang Hidup, buah-buahan,
sayur-sayuran..dll
Ø
Open
Top Container adalah Kontainer yang bagian atasnya bisa dibuka / terbuka.
Kontainer ini dgunakan untuk pengiriman barang yang tingginya melebihi standar
ketinggian container DRY.
Ø
Flat
Rack Container adalah container yang bagian samping kanan dan kirinya
terbuka. Kontainer ini digunakan untuk memuat barang yang lebarnya melebihi
standar lebar container DRY.
Ø
Space adalah
tempat yang tersedia didalam kapal
Ø
Booking adalah
istilah untuk pemesanan tempat
Ø
Shipping
Instructions adalah surat pengajuan pengiriman barang yang
diterbitkan oleh shipper
Ø Ocean
Freigh ( O/F ) adalah biaya pengiriman barang dengan menggunakan kapal
laut
Ø Air
Freight ( A/F ) adalah biaya pengiriman barang dengan menggunakan pesawat
Ø
F.O.B
adalah Free On Board adalah system pembelian barang dimana semua biaya
Pengiriman atau O/F , Asuransi dan harga barang dibayarkan setelah kapal sampai
atau di pelabuan bongkar
Ø
C.I.F
adalah Cost Insurance & Freight adalah system pembelian barang dimana
Biaya Pengiriman, Asuransi dan Harga barang dibayarkan sebelum kapal berangkat
/ di pelabuhan muat
Ø C
& F adalah Cost and Freight adalah system pembelian barang dimana
Biaya Pengiriman dan Harga Barang di bayarkan di pelabuhan muat namun asuransi
menjadi tanggungan Penerima Barang.
Ø Freight
Prepaid adalah Sistem pembayaran biaya pengiriman barang di pelabuhan muat
ØFreight
Collect adalah Sistem pembayaran biaya pengiriman barang di pelabuhan
bongkar
Ø
Bill
Of Lading atau B/L adalah Surat / Dokumen yang diterbitkan oleh
Shipping Line / Freight Forwarder untuk setiap pengiriman barang Export. Bill
Of Lading ini di terbitkan pada tanggal keberangkatan Kapal. Bill Of Lading ini
nantinya akan diberikan kepada consignee untuk mengambil barang di tempat
tujuan (pengambilan import). Fungsi dari Bill Of Lading ini sangat banyak.
Selain sebagai bukti pengambilan barang di tujuan, juga dilampirkan dalam
proses pembuatan COO.
Ø
Air
Way Bill / AWB fungsi dan kegunaannya adalah sama dengan Bill Of Lading.
Namun AWB ini khusus untuk pengiriman barang via Udara.
Ø
Certificate
of Origin adalah Sertifikat Asal Barang. Diterbitkan oleh DISPERINDAG
kepada exporter. Kegunaannya adalah sebagai bukti keaslian barang dari Negara
Asal yang tertera pada Bill Of Lading
Ø
Packing
List adalah Daftar Sistem Pengepakan. Packing List ini diterbitkan oleh
setiap exporter setiap kali akan export. Data2 Packing List inilah yang akan di
muat pada Bill of Lading maupun AirWayBill. Packing List berisikan data2 Nama
dan alamat Shipper, Nama dan Alamat Consignee, Nama dan Alamat Notify Party
(jika ada), Nama Barang, Jumlah dan Jenis Kemasan, Jumlah barang, Berat Bersih
/ Net Weight, Berat Kotor / Gross Weight, Kubikasi, Shipping Marks &
Numbers / Keterangan yang tertulis pada kemasan, Nama Vessel, Pelabuhan Muat,
Pelabuhan Bongkar.
Ø
Comemrcial
Invoice adalah Daftar Nilai / Harga Barang yang tercantum dalam Packing
List. Commercial Invoice ini berisikan nilai barang per item dan total nilai
barang. Bill Of Lading, Packing List dan Commercial Invoice adalah bagian yang
tidak terpisahkan dalam proses Export dan Import atau bisa dikatakan ketiga
dokumen ini adalah 1 set dokumen Export / Import.
Ø
P.O.L
adalah Port Of Loading yaitu Pelabuhan Muat
Ø
P.O.D
adalah Port of Discharge yaitu Pelabuhan Bongkar
Ø
Place
of Delivery yaitu Tujuan akhir Pengiriman Barang
Ø
Place
of Receipt yaitu Tempat Penerimaan Barang
Ø
Customs
Clearance adalah proses administrasi pengiriman dan atau pengeluaran
barang ke / dari Pelabuhan muat / Bongkar yang berhubungan dengan Kepabeanan
dan administrasi pemerintahan.
Ø
Measurement
/ Cubication / CBM adalah ukuran kubikasi suatu barang export baik itu.
Perhitungan Kubikasi ini sangat penting dikuasai oleh para exporter untuk
menentukan jenis pengirimannya. Apakah menggunakan Kontainer 20ft, 40ft,40HQ
atau 45ft. Atau apabila menggunakan truck apakah akan dikirimkan dengan
menggunakan truck tronton, truck angkel, truck box / diesel atau truck built up.
Contoh :
Shipper berada
di Cirebon ingin mengirim barang ke Dallas, TX USA.
Maka :
Place Of Receipt
adalah Cirebon
P.O.L nya adalah
Tg. Priok, Jakarta
P.O.D nya adalah
salah satu Pelabuhan di East Coast atau West Coast USA(tergantung service
dari Shipping Line). Contoh salah satu pelabuhan West
Coast USA adalah Los Angeles CA.
Izinkan Kami memperkenalkan diri
BalasHapusKami PT. Bintang Inti Nusantara (Binus Logistics) adalah perusahaan General trading, Shipment Consolidator dan NVOCC yang memfokuskan diri dalam pengiriman international dan pengurusan barang export-import di kepabeanan
Bersama email ini Kami bermaksud menawarkan Jasa pengiriman dan
pengurusan Project Export-Import Anda,
I. Service Kami antara lain :- International Sea Freight / Air Freight (LCL & FCL)
- Undername export import (Sewa Bendera)
- Jasa Customs Clearance ( Tj. Priuk, Tj. Perak, Tj. Mas, Bandara Soehatta, Belawan, Batam )
- Import Door to Door all in
- Warehousing dan Inland Trucking
II. Membantu Proses Ocean Freight & Air Freight Wold Wide:
Cina - Korea - Jepang - Singapore - Thailand
Malaysia - Amerika - Jerman - Perancis - Australia
Kanada - Dubai - Saudi Arabia - Rusia - Afrika
III. Keunggulan memakai BINUS Logistics :# Harga Kompetitif dan Negotable
# Kami memiliki Perusahaan Undername (Status di BC Hijau ) bergerak dalam satu Group bersama Kami BINUS LOGISTICS yang berpusat di Jakarta.
# Kami menangani Pelayanan import mulai dari negara asal hingga ke tangan anda dan anda cukup Terima Beres dengan Harga yang Kami berikan sudah termasuk (Pajak, Freight, Perizinan,Customs Clearance, Trucking)
# Asuransi apabila barang rusak saat pengiriman.
# Asuransi apabila RED Line atau tertahan , akan ada pergantian 100% sesuai invoice asli.
# Cepat, Tepat Waktu, Terpercaya selama 20 Tahun.
# Harga Jasa Kami di Awal Negosiasi Tidak akan berubah sampai barang tiba di alamat anda.
Besar Harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk Membantu mengembangkan sektor Export Import Anda.
Demikianlah Penawaran ini kami sampaikan, Atas Perhatian nya kami ucapkan Terima kasih.
you import project need fast respon call us : 021- 2247 2527 / 082274606520
REIHAN MUSTAFA
Marketing Executive
Tlp/Whatsapp : 082274606520
PT. BINTANG INTI NUSANTARA
Perkantoran Pulomas 1
Gedung 6, Lt.2 Ruang 9
Jl. Jend Ahmad Yani No.2
DKI Jakarta-13330 Indonesia
Telp = 021-8197310
Fax = 021-8197310
Website : www.bintangintinusantara.com ( Company )
www.bintangintinusantara.blogspot.com ( Marketing )